Hari / Tanggal : Kamis/ 21 Maret 2024
Mata Pelajaran : TIK / Komputer
Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)
Tema : Menggunakan Program Microsoft Excel
Pembelajaran Ke- : 10
Assalamualaikum wr.wb
Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?
Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.
Ms
Excel adalah progam pengolah angka yang dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan
pembuatan grafik.
Berikut ini adalah
gambar Tampilan Microsoft Office Excel :
Berikut adalah keterangan-keterangan dari tampilan diatas:
1. Office Button, terdiri atas perintah New document, open dokument, save, save as, print, prepare, send, publish, close.
2. Quick Access terdiri dari beberapa tombol yang bisa mempercepat pekerjaan kita. isi tombol tersebut sebagian ada pada menu office button, kecuali undo dan redo.
3. Menu Bar, terdiri dari Home, insert, page layout, formulas, data, review, view.
4. Tittle bar, berisi judul/nama file pada lembar kerja.
tombol ukuran, berguna untuk mengatur ukuran jendela pada lembar kerja.
5. Tool Bar, terdiri dari tombol-tombol yang memilki fungsi tertentu dan bisa mempercepat pekerjaan.
6. Sel Aktif, tempat untuk mengetik sesuatu yang dikelilingi ileh garis hitam dan tebal.
7. Name Box, nama sel yang sedang aktif.
8. Formula Bar, tempat untuk menuliskan rumus, memperbaiki rumus yang salah paada sel yang aktif.
9. Column, setiap kolom memiliki nama berdasarkan abjad dari A hingga Z.
10. Baris, setiap baris terdiri dari angka 1 sampai 1048576.
11. Document area, lembar kerja yang aktif.
12. Tab Worksheet, tempat untuk berpindah dari kertas kerja yang lain dengan mudah dan cepat.
13. Insert Worksheet, bisa membuat worksheet baru yang letaknya berdekatan dengan worksheet sebelumnya.
14. Horizontal Scroll Bar, untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
15. Vertical Scroll Bar, untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
16. Zoom, untuk memperbesar atau memperkecil layar.
MEMFORMAT
CELL
Cara Menambah Baris/Kolom :
1. Klik baris atau kolom yang diingin ditambah
2. Klik kanan pada Mouse
3. Klik Insert
a. Table Column to the Left = Menambah Kolom disebelah Kiri
b. Table Column to the Right = Menambah Kolom disebelah Kanan
c. Table Rows Above = Menambah Baris diAtas
Cara Menghapus Baris/Kolom :
1. Klik baris atau kolom yang diingin dihapus
2. Klik kanan pada Mouse
3. Klik Delete
MERGE &
CENTER
Merge & Center digunakan untuk menggabungkan cell menjadi satu.
Ikon dari Merge & Center adalah seperti pada gambar dibawah:
Langkah-langkah menggabungkan cell:
1. Blok cell yang akan digabungkan
2. Klik Menu Home
3. Klik Ikon Merge & Center
4. Secara otomatis cell akan tergabung menjadi satu
BORDER
Border disebut juga dengan Bingkai Tabel.
Langkah-langkah membingkai Tabel :
1. Blok cell yang akan di Bingkai
2. Klik menu Home
3. Klik Ikon Border, lalu pilih More Borders
4. Tentukan :
a. Style = Jenis Garis
b. Color = Warna Garis
c. Present = Pilihan Bagian mana yang akan di beri garis bingkai (Inside dan Outside)
5. Klik Ok
MENGURUTKAN DATA MENGGUNAKAN IKON SORT
IKON SORT adalah Ikon yang digunakan untuk mengurutkan data sesuai dengan kriteria
tertentu
Letak
Ikon Sort ada di menu Bar Home dibagian group Editing.
Gambar Ikon Sort
Jika
diklik tanda panah disamping ikon muncul tampilan seperti berikut
Sort A to
Z = Mengurutkan dari abjad A sampai Z
Sort Z to
A = Mengurutkan dari abjad Z sampai A
Langkah-langkah
mengurutkan data
1. Blok
data yang ingin kita urutkan
2. Klik
Menu Bar Home
3. Klik
Ikon Sort
4. Pilih
Kriteria pengurutan yang diinginkan
a. A to Z
b. Z to A
OPERATOR
DASAR ARITMATIKA
1. Penambahan atau pada ms. excel ditulis
dengan menggunakan simbol +
Sesuai dengan simbolnya, penambahan digunakan untuk menghitung penambahan pada ms. excel.
2. Pengurangan atau pada ms. excel ditulis
dengan menggunakan simbol -
Sesuai dengan simbolnya, pengurangan digunakan
untuk menghitung pengurangan pada ms. excel.
3. Perkalian atau pada ms. excel ditulis
dengan menggunakan simbol *
Sesuai dengan simbolnya, perkalian digunakan
untuk menghitung perkalian pada ms. excel.
4. Pembagian atau pada ms. excel ditulis
dengan menggunakan simbol /
Sesuai dengan simbolnya, pembagian digunakan
untuk menghitung pembagian pada ms. excel.
5. Persen atau pada ms. excel ditulis dengan
menggunakan simbol %
Sesuai dengan simbolnya, persen digunakan
untuk menghitung persentase pada ms. excel.
6. Pangkat atau pada ms. excel ditulis dengan
menggunakan simbol ^
Sesuai dengan simbolnya, pangkat digunakan
untuk menghitung pemangkatan pada ms. excel.
RUMUS FUNGSI STATISTIK PADA
PROGRAM MS. EXCEL
- SUM
SUM digunakan untuk menjumlahkan data numerik atau
angkanya. Berikut rumus fungsinya:
=SUM(range data)
- AVERAGE
AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata
dari suatu range bilangan atau data numerik yang ada. Berikut rumus fungsinya:
=Average(range data)
- MAX
MAX digunakan untuk menampilkan data yang memiliki
nilai paling tinggi. Berikut rumus fungsinya:
=MAX(range data)
- MIN
MIN digunakan untuk menampilkan data dengan nilai
terendah. Berikut rumus fungsinya:
=MIN(rangedata)
- COUNT
COUNT digunakan untuk menampilkan seberapa banyak
jumlah data yang ada dalam satu range. Berikut rumus fungsinya:
=COUNT(range data)
·
Baiklah untuk pertemuan hari ini hanya itu saja yang dapat Miss sampaikan. Semoga apa yang Miss sampaikan berguna untuk sholeh-sholehah belajar ya:)
Jangan lupa berdoa sebelum memulai ujian dan good luck kids:)
Tetap semangat sekolahnya dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu. Sampai bertemu minggu depan. Atas perhatiannya Miss ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb
Komentar
Posting Komentar