Hari & Tanggal : Senin, 10 Februari 2025
Kelas : 5C (SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung)Tema : Menggunakan Program Pengolah Angka
Sub Tema : Mengatur Halaman pada Microsoft Excel
Mata Pelajaran : TIK / Komputer
Pembelajaran : Ke 6
Mata Pelajaran : TIK / Komputer
Pembelajaran : Ke 6
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengatur halaman pada ms excel
Assalamualaikum wr. wb
Bagaimana kabar siswa siswi hebat, yang sholeh & sholehah?
Alhamdulillah.. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin...
Assalamualaikum wr. wb
Bagaimana kabar siswa siswi hebat, yang sholeh & sholehah?
Alhamdulillah.. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin...
Sebelum belajar seperti biasa kita akan berdoa terlebih dahulu. Berdoa mulai Bismillahirrahmanirrahim, Aamiin.
Dalam mengatur format halaman diperlukan untuk membuat tampilan dari worksheet menjadi seperti yang diinginkan. Untuk langkah ini dapat melalui menu Page Layout – Kemudian pilih submenu Page Setup, sehingga akan keluar tampilan seperti di bawah ini :
Kotak Dialog Page Setup (Page)

1. Orientasi, digunakan untuk mengatur posisi halaman dalam pencetakan, apakah mau diatur ke posisi Portrait (Vertikal) atau Landscape (Horizontal).
2. Scaling, digunakan untuk mengatur ukuran tampilan naskah dalam pencetakan
melalui mengubah prosentasenya (Adjust to).
3. Paper Size, digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan.
4. Print Quality, digunakan untuk mengubah kualitas pencetakan.
5. First Page Number, digunakan memberi nomor awal halaman.
Menu Margins
1. Margins, digunakan untuk mengatur batas tepi naskah di bagian Atas (Top), Kiri (Left), Kanan (Right), Bawah (Bottom), batas tepi Kepala naskah (Header), dan batas tepi Kaki naskah (Footer).
2. Center on Page, digunakan untuk mengatur perataan naskah di tengah-tengah, apakah akan diratakan secara Horizontally atau Vertically.

Mengatur Tinggi Baris dan Lebar Kolom Excel dengan Menu Format
1. Sorot sel
2. Klik Format di Tab Menu File Pada Ribbon Microsoft Excel
Cara Mengatur Ukuran Sel dengan Format
1. Row Height untuk mengatur tinggi Baris
2. AutoFit Row Height untuk mengatur tinggi baris sesuai dengan panjang data pada sel
3. Column Width untuk mengatur lebar kolom AutoFit Column Width untuk mengatur lebar kolom sesui dengan panjang data pada sel
Miss ucapkan terimakasih:)
Wassalamualaikum wr.wb.
Baiklah miinggu lalu kita sudah mempelajari mengenal ikon ikon yang sering digunakan atau ikon yang terdapat pada quick access toolbar.
Nah pada pertemuan kali ini, kita akan melanjutkan materi yang berikutnya yaitu mengatur halaman pada microsoft excel. Berikut adalah materi yang akan kita pelajari:
Pengaturan Halaman
Dalam mengatur format halaman diperlukan untuk membuat tampilan dari worksheet menjadi seperti yang diinginkan. Untuk langkah ini dapat melalui menu Page Layout – Kemudian pilih submenu Page Setup, sehingga akan keluar tampilan seperti di bawah ini :
Kotak Dialog Page Setup (Page)

1. Orientasi, digunakan untuk mengatur posisi halaman dalam pencetakan, apakah mau diatur ke posisi Portrait (Vertikal) atau Landscape (Horizontal).
2. Scaling, digunakan untuk mengatur ukuran tampilan naskah dalam pencetakan
melalui mengubah prosentasenya (Adjust to).
3. Paper Size, digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan.
4. Print Quality, digunakan untuk mengubah kualitas pencetakan.
5. First Page Number, digunakan memberi nomor awal halaman.
Menu Margins
1. Margins, digunakan untuk mengatur batas tepi naskah di bagian Atas (Top), Kiri (Left), Kanan (Right), Bawah (Bottom), batas tepi Kepala naskah (Header), dan batas tepi Kaki naskah (Footer).
2. Center on Page, digunakan untuk mengatur perataan naskah di tengah-tengah, apakah akan diratakan secara Horizontally atau Vertically.

Mengatur Tinggi Baris dan Lebar Kolom Excel dengan Menu Format
1. Sorot sel
2. Klik Format di Tab Menu File Pada Ribbon Microsoft Excel
Cara Mengatur Ukuran Sel dengan Format
1. Row Height untuk mengatur tinggi Baris
2. AutoFit Row Height untuk mengatur tinggi baris sesuai dengan panjang data pada sel
3. Column Width untuk mengatur lebar kolom AutoFit Column Width untuk mengatur lebar kolom sesui dengan panjang data pada sel
Nah bagaimana, sudah paham tentang cara mengatur halaman di ms. excel?
Baiklah, untuk selanjutnya sholeh sholehah mempraktekkan cara mengatur halaman di ms excel dengan menggunakan komputer masing-masing ya. Dengan format ukuran kertas A4, jenis kertas landscape, margin top 2 cm, buttom 2 cm, left 2 cm, dan right 2 cm.
Selamat berpraktek sholeh sholehah :)
Baiklah cukup sekian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang didapat hari ini dapat dipahami dengan baik ya. Jangan lupa ibadah sholat 5 waktu dan sholat tepat waktu.
Wassalamualaikum wr.wb.
Kesimpulan
Hari ini peserta didik mempelajari cara mengatur halaman di microsoft excel dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Peserta didik yang hadir hari ini berjumlah 24 siswa. Dari 24 siswa, hanya 4 siswa yang masih perlu bimbingan. 4 siswa tersebut sudah diberikan penjelasan ulang dan sudah dibimbing secara individu.
Berikut adalah dokumentasi kegiatan hari ini:
Komentar
Posting Komentar