Langsung ke konten utama

Materi Ajar Kelas 6 Pertemuan Ke 11

Hari / Tanggal : Jumat/ 5 April 2024

Mata Pelajaran : TIK / Komputer

Kelas : 6D (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)

Tema : Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Angka

Sub Tema : Mengenal Rumus Fungsi Teks

Pembelajaran Ke- : 11

Tujuan Pembelajaran : Siswa Mampu Menggunakan Rumus Fungsi Teks


Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Minggu lalu kita sudah tentang melaksakan latihan ujian sekolah. Nah minggu ini kita akan membahas materi tentang mengenal rumus fungsi teks.

Rumus Fungsi Teks digunakan untuk mengambil sebagian kata atau sejumlah karakter tertentu dari sebuah teks yang mana rumus fungsi teks terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

1. Left
Digunakan untuk mengambil karakter/kata dari arah kiri. Dengan menggunakan rumus:

=LEFT(Teks; JumlahKarakter)

• LEFT: Nama fungsi Excel.
• Teks: Merupakan Teks baik yang diketik langsung, referensi sel, maupun teks hasil sebuah rumus excel yang ingin kita ambil sebagian karakternya dari sebelah kiri.
• JumlahKarakter: Jumlah karakter yang ingin kita ambil dari sebelah kiri.

Contoh penggunaan:


Dari gambar di atas, terdapat 2 kolom yaitu kolom kode teks dan nomor absen. Kolom kode teks sudah terdapat datanya sedangkan pada kolom nomor absen belum terdapat data, maka yang akan kita cari yaitu pada bagian kolom nomor absen dengan menggunakan rumus fungsi teks LEFT. Yang mau ditampilkan pada kolom nomor absen hanyalah 2 karakter dari sebelah kiri pada bagian kolom kode teks, yaitu dengan memasukkan rumus =LEFT(text;jumlahkarakter). Maka terdapat hasil pada kolom nomor absen adalah 08, 01, 11, 03, 21, dan 10.


2. MID
Digunakan untuk mengambil karakter/kata dari sebelah kiri pada posisi tertentu atau di tengah-tengah sebuah teks. Dengan menggunakan rumus:

=MID(Teks; AwalKarakter;JumlahKarakter)

• MID: Nama fungsi Excel.
• Teks: Teks yang akan kita ambil sebagian kata atau karakternya
• AwalKarakter: Posisi karakter pertama yang ingin kita ambil. Jika ingin mengambil dari karakter pertama sebuah teks maka AwalKarakter ini kita isi dengan nilai angka 1.
• JumlahKarakter: Banyak karakter teks yang akan kita ambil sebagian kata atau hruufnya, dimulai dari AwalKarakter.

Contoh penggunaan:


Dari gambar di atas, terdapat 2 kolom yaitu kolom kode teks dan nama siswa. Kolom kode teks sudah terdapat datanya sedangkan pada kolom nama siswa belum terdapat data, maka yang akan kita cari yaitu pada bagian kolom nama siswa dengan menggunakan rumus fungsi teks MID. Yang mau ditampilkan pada kolom nama siswa yaitu nama yang diambil dari kolom kode teks, yaitu dengan memasukkan rumus =MID(text;awal karakter; jumlah karakter). Maka terdapat hasil pada kolom nama siswa adalah Ayunda, Intan, Marcel, Marvel, Ayunda, dan Iqbal.



3. RIGHT
Digunakan untuk mengambil karakter/kata dari arah kanan. Dengan menggunakan rumus:

=RIGHT(Teks;JumlahKarakter)

• RIGHT: Nama fungsi Excel.
• Teks: Merupakan teks yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan.
• JumlahKarakter: jumlah karakter yang akan diambil dari arah kanan ke kiri.


Contoh penggunaan:


Dari gambar di atas, terdapat 2 kolom yaitu kolom kode teks dan kelas. Kolom kode teks sudah terdapat datanya sedangkan pada kolom kelas belum terdapat data, maka yang akan kita cari yaitu pada bagian kolom kelas dengan menggunakan rumus fungsi teks RIGHT. Yang mau ditampilkan pada kolom kelas adalah 2 angka dari sebelah kanan, yaitu dengan memasukkan rumus =RIGHT(text; jumlah karakter). Maka terdapat hasil pada kolom kelas adalah 6C, 6B, 6C, 6A, 6E, dan 6C.


Bagaimana apakah sudah paham tentang rumus fungsi teks???

Baiklah untuk selanjutnya silahkan anak sholeh sholehah praktekkan juga ya penggunaan rumus fungsi teks di komputer masing-masing. Berikut datanya: 


Silahkan cari data nomor absen dengan menggunkan rumus fungsi teks left, nama siswa dengan menggunkan rumus fungsi teks mid, dan kelas dari kolom kode teks dengan menggunkan rumus fungsi teks right.
Selamat mengerjakan. Good Luck Kids :)

Baiklah untuk pertemuan hari ini hanya itu saja yang dapat Miss sampaikan. Semoga apa yang Miss sampaikan dapat kalian pahami dengan baik dan bermanfaat ya:)

Tetap semangat sekolahnya dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu. Sampai bertemu lagi minggu depan. Atas perhatiannya Miss ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr wb 

Komentar

Popular Posts

Kisi-kisi PTS Kelas 5

Hari / Tanggal : Kamis/ 21 Maret 2024 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Tema :  Menggunakan Program Microsoft Excel Pembelajaran Ke- : 10 Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Pada pertemuan kali ini, miss akan memberikan kisi-kisi untuk Penilaian Tengah Semester. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Berikut kisi-kisi nya: Ms Excel adalah progam pengolah angka yang dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Berikut ini adalah gambar Tampilan Microsoft Office Excel : Berikut adalah keterangan-keterangan dari tampilan diatas: 1. Office Button, terdiri atas perintah New document, open dokument, save, save as, print, prepare, send, publish, close. 2. Quick Access terdiri dari beberapa tombol yang bisa mempercepat pekerjaan kita. isi tombol tersebut sebagian ada pada menu office button, kec

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Kelas 5

Hari / Tanggal : Senin/ 4 Desember 2023 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5A - 5D (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Tema :  Mengenal Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Desain Grafis berbasis Vektor Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Untuk pertemuan kali ini adalah pertemuan kita terakhir di semester ganjil ya anak-anak, karena minggu ini kita akan melaksanakan Penilain Akhir Semester (PAS). Diharapkan anak sholeh dan sholehah mempersiapkan diri dengan baik ya. Untuk pelajaran TIK, insyaAllah materi yang diambil dari pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 18. Jadi silahkan dipelajari kembali ya anak-anak materi yang sudah Miss sampaikan melalui blogger :) A. Pengertian CorelDraw CorelDRAW adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis yang berbasis vector, grafis berbasis vector adalah grafis yang terdiri dari gabungan unsur-unsur, seperti g

Kisi - Kisi PAS Kelas 5

Hari / Tanggal : Senin/ 27 Mei 2024 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Bab : Menggunakan Program Pengolah Angka Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Blogger kali ini berisi kisi-kisi penilaian akhir semester, yang mana materinya adalah seputar microsoft excel. Berikut adalah kisi-kisi penilaian akhir semester mata pelajaran TIK: https://drive.google.com/file/d/1pIeNJsGIYJJbrZbRE4Ho72uhAoa5CAhR/view?usp=sharing Selamat Belajar Sholeh-Sholehah :) Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:) Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat miss sampaikan. Miss ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah: