Langsung ke konten utama

Materi Ajar Kelas 1 Pertemuan Ke 5

Hari / Tanggal : Rabu/ 23 Agustus 2023

Mata Pelajaran : TIK / Komputer

Kelas : 1C (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)

Tema : Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sub Tema : Perbedaan Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang

Tujuan Pembelajaran : Siswa Mampu Memahami Perbedaan Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang

Pembelajaran Ke- : 5


Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Minggu lalu kita sudah melaksanakan penilaian harian yang pertama dan Alhamdulillah anak-anak mendapatkan nilai yang sempurna.
Pada pertemuan minggu ini kita akan membahas materi tentang Perbedaan Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang.

Teknologi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern. Tentu saja teknologi komunikasi zaman dulu berbeda dengan teknologi komunikasi zaman sekarang. Perkembangan teknologi selalu diiringi dengan perkembangan zaman dan cara hidup masyarakat. Buktinya, di zaman digital seperti sekarang, kita mengandalkan piranti digital untuk segala aktivitas. Mulai dari cara belanja, berkomunikasi, membaca berita, membeli berbagai kebutuhan pokok, beli tiket pesawat atau kereta, dan masih banyak lagi.

1. Telepon


Sebagian dari kamu mungkin ingat, dulu telepon dilengkapi tombol besar yang digeser dengan arah memutar. Kamu harus benar-benar memutar nomor satu persatu untuk tersambung ke nomor yang kamu tuju.

Sedangkan kini, kamu tak perlu lagi repot-repot menekan tombol nomor lagi kalau mau menelepon seseorang. Dengan handphone yang dimiliki oleh hampir semua orang, semua nomor bisa kamu simpan, dan tinggal kamu pilih mana yang ingin kamu hubungi. Selain itu, berkat handphone, kamu bisa berkomunikasi di mana pun dan kapan pun. Tidak harus via suara, melainkan bisa lewat chatting hingga video call.

2. Printer


Printer dibutuhkan untuk mencetak berbagai macam dokumen dan juga poster untuk bermacam kebutuhan. Di zaman sekarang ini sering ditemukan printer yang sekaligus bisa digunakan untuk fotokopi dan scan dokumen. Tak perlu lagi kamu datang ke jasa percetakan, kini kamu sudah bisa mencetak dokumen langsung di rumah.

Tipe printer pun semakin beragam, bisa dicocokkan berdasarkan kebutuhan. Ukuran dari printer jaman modern pun tak makan banyak tempat. Bukan hanya itu, bobotnya pun ringan sehingga mudah untuk dipindahkan ke mana-mana.

3. Kamera


Dari dulu hingga kini, kamera dibutuhkan untuk mengabadikan momen bersama kerabat, pasangan, dan juga keluarga. Kamu pasti salah satunya, kan? Dulu, untuk melihat hasil foto, kamu harus mencetaknya terlebih dahulu. Berbeda jauh dengan era modern ini. Untuk melihat hasilnya, kamu tinggal mengecek layar kamera. Kamu juga bisa menyambungkan kamera ke smartphone.

Untuk mencetaknya pun mudah, tinggal sambungkan ke Wi-Fi atau Bluetooth. Tak perlu lagi pakai kabel yang merepotkan itu. Pokoknya, di era digital ini kamu lebih mudah untuk tampil hits dengan kamera digital. Bukan cuma itu, kamu juga kian mudah untuk membagi hasil foto ke media sosial.

4. Game Boy

Hobi main game? Kalau kamu gamer, kamu pasti tahu perkembangan perangkat game dari dulu hingga sekarang. Dulu, kamu pasti terbiasa dengan istilah Nintendo, Game Boy atau Tamagochi, kan? Nah, kini perangkat tersebut sudah berubah menjadi PlayStation, PC game, juga game yang ada di gadgetmu.

Varian game pada perangkat digital pun berbeda. Bahkan kini ada game yang membutuhkan akses internet untuk dimainkan. Kamu bisa bermain bersama orang-orang dari berbagai negara yang kamu temui di dalam satu perangkat game. Seru kan?

 
5. DVD


Di jaman dulu, saat kamu ketinggalan nonton film di bioskop kamu pasti berlomba-lomba dan buru-buru untuk datangi toko DVD. Di sana kamu bisa mencari judul filmnya dan beli DVD-nya.

Nah, berbeda dengan zaman sekarang. Kamu bisa menonton film dan video secara online di berbagai platform digital. Salah satu platform digital yang menawarkan berbagai macam jenis dan genre film dan video adalah YouTube.

Di sana kamu bisa mencari dan menonton berbagai macam video menarik sesuai dengan tema yang kamu sukai. Bahkan, kamu pun bisa streaming langsung video yang ada di televisi. Pastinya kamu sudah sering dong mencobanya?


6. OHP


Zaman dahulu, kamu pernah dong merasakan repotnya kalau mau presentasi di depan umum? Materi yang akan kamu presentasikan gak bisa di-copas dari internet atau dokumen lainnya. Kamu harus tulis tangan satu persatu, beli kertas transparan, baru bisa presentasikan materinya.

Jauh berbeda dengan sekarang. Semua terasa mudah, efisien dan sangat simpel. Untuk materi presentasi, kamu bisa mencarinya di internet. Dan untuk mempresentasikannya kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Power Point yang bisa buat tampilan dokumen presentasimu lebih menarik dan keren. Kamu pun juga bisa tambahkan berbagai jenis animasi untuk menggambarkan sesuatu produk yang ingin kamu presentasikan. Pokoknya keren deh!

7. Televisi

Waktu kecil, kamu pernah nonton TV yang bentuknya menyerupai tabung? Atau yang layarnya masih hitam putih? Perkembangan teknologi sudah meninggalkan semua itu jauh di belakang! Kini kamu bisa menonton TV di layar TV yang datar bahkan cekung, dan didukung dengan teknologi 3D. Kamu bisa memaksimalkan imajinasimu saat menonton TV dan film. Warna-warna yang cerah dan jernih pun kini bisa kamu nikmati di layar. 

8. Walkman


Dulu, untuk mendengarkan lagu di mana pun dan kapan pun, kamu membutuhkan headset dan Walkman. Bentuknya yang ramping membuat kita mudah untuk menaruhnya di saku atau tas. Tetapi kini, perkembangan teknologi tambah pesat. Perangkat audio sudah berganti ke digital.

Sebut saja, misalnya, iPad. Lewat iPad, kamu sudah bisa dengarkan musik lebih mudah, dengan suara yang lebih jernih pula. Kamu cukup menyimpan lagu yang kamu sukai di perangkat audio ini dan kamu sudah siap mendengarkannya dengan bebas.

9. Peta


Untuk mencari jalan alternatif, tempat yang tidak familiar, bahkan restoran yang belum pernah kita kunjungi, kita bisa mengandalkan peta. Dulu, peta berbentuk kertas yang isinya garis-garis dan titik-titik.

Memusingkan pastinya jika kita harus terus-terusan memperhatikannya di sepanjang perjalanan. Berbeda dengan zaman sekarang. Kamu bisa menggunakan perangkat digital untuk menunjukkan arah tujuan, contohnya Google Maps atau aplikasi Waze.

Kamu juga tidak harus memperhatikan peta terus-menerus, sebab peta digital ini siap menuntunmu dengan suara. Kapan kamu harus belok kiri, kanan, putar balik, laporan kemacetan lalu lintas, semua tinggal kamu dengarkan.

Bisa dibilang, semua perkembangan teknologi di atas sangatlah membantu kita menjalankan berbagai aktivitas. Kita bisa menjalani hari-hari dengan lebih cepat dan efisien. Setuju?

Baiklah untuk pertemuan hari ini hanya itu saja yang dapat Miss sampaikan. Semoga apa yang Miss sampaikan dapat kalian pahami dengan baik ya:)

Untuk selanjutnya anak sholeh-sholehah mengerjakan latihan soal ya. Good Luck Kids :)



Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu. Atas perhatiannya Miss ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr wb


Komentar

Popular Posts

Kisi-kisi PTS Kelas 5

Hari / Tanggal : Kamis/ 21 Maret 2024 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Tema :  Menggunakan Program Microsoft Excel Pembelajaran Ke- : 10 Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Pada pertemuan kali ini, miss akan memberikan kisi-kisi untuk Penilaian Tengah Semester. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Berikut kisi-kisi nya: Ms Excel adalah progam pengolah angka yang dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Berikut ini adalah gambar Tampilan Microsoft Office Excel : Berikut adalah keterangan-keterangan dari tampilan diatas: 1. Office Button, terdiri atas perintah New document, open dokument, save, save as, print, prepare, send, publish, close. 2. Quick Access terdiri dari beberapa tombol yang bisa mempercepat pekerjaan kita. isi tombol tersebut sebagian ada pada menu office button, kec

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Kelas 5

Hari / Tanggal : Senin/ 4 Desember 2023 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5A - 5D (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Tema :  Mengenal Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Desain Grafis berbasis Vektor Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Untuk pertemuan kali ini adalah pertemuan kita terakhir di semester ganjil ya anak-anak, karena minggu ini kita akan melaksanakan Penilain Akhir Semester (PAS). Diharapkan anak sholeh dan sholehah mempersiapkan diri dengan baik ya. Untuk pelajaran TIK, insyaAllah materi yang diambil dari pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 18. Jadi silahkan dipelajari kembali ya anak-anak materi yang sudah Miss sampaikan melalui blogger :) A. Pengertian CorelDraw CorelDRAW adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis yang berbasis vector, grafis berbasis vector adalah grafis yang terdiri dari gabungan unsur-unsur, seperti g

Kisi - Kisi PAS Kelas 5

Hari / Tanggal : Senin/ 27 Mei 2024 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Bab : Menggunakan Program Pengolah Angka Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Blogger kali ini berisi kisi-kisi penilaian akhir semester, yang mana materinya adalah seputar microsoft excel. Berikut adalah kisi-kisi penilaian akhir semester mata pelajaran TIK: https://drive.google.com/file/d/1pIeNJsGIYJJbrZbRE4Ho72uhAoa5CAhR/view?usp=sharing Selamat Belajar Sholeh-Sholehah :) Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:) Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat miss sampaikan. Miss ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah: