Langsung ke konten utama

Materi Ajar Kelas 6 Pertemuan Ke 14

Hari / Tanggal  : Rabu/ 5 April 2023

Mata Pelajaran : TIK / Komputer

Kelas : 6C (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)

Tema : Menggunakan Program Pengolah Presentasi

Sub Tema Mengenal Menu dan Ikon pada Microsoft PowerPoint

Pembelajaran Ke- : 14


Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Minggu lalu kita sudah membahas tentang Pengenalan Microsoft Office Power Point. Nah, untuk minggu ini kita akan membahas menu dan ikon yang terdapat di Microsoft Office Power Point.

Jika ingin membuat dokumen presentasi hal yang harus kita lakukan adalah membuat slide dan mendesainnya dengan cantik dan bagus. 
  • Membuat Slide Presentasi
Ketika kita sudah membuka aplikasi power point maka akan muncul slide seperti gambar berikut :


Seperti gambar diatas, bagian click to add title pada bagian atas itu digunakan untuk mengetikkan judul presentasi atau judul materi. Lalu pada bagian click to add subtitle digunakan untuk mengetikkan atau mengisi bagian materinya.
  • Menambahkan Slide
Dibawah ini adalah cara menambahkan jumlah slide pada Power Point :

1. Klik menu Home

2. Klik New Slide 

Sebelum membuat presentation sebaiknya mengatur dahulu bentuk layout slide dengan langkah :

1. Klik menu Home

2. Lalu klik panah icon Layout Slide, sehingga muncul tampilan dibawah.


3. Pilih dan klik layout sesuai keinginan contohnya klik Title Slide.
  • Menghapus Slide
Berikut langkah-langkah dalam menghapus slide di Microsoft Power Point:

1. Langkah pertama, pilih slide yang ingin dihapus.
2. Lalu klik kanan pada tampilan slide, kemudian pilih Delete Slide. Seperti pada contoh gambar dibawah ini


3. Maka slide yang sudah dipilih akan terhapus sehingga slide yang tidak dibutuhkan sudah bisa hilang.

Cara lain yang bisa digunakan untuk hapus slide adalah dengan memilih slide kemudian menekan tombol Delete di keyboard laptop maupun PC yang digunakan. Cara ini lebih praktis dan cepat dibanding cara diatas karena hanya menekan satu tombol di keyboard maka slide bisa terhapus.

Untuk lebih jelasnya kita langsung liat video berikut ini ya anak-anak :)


Setelah kita mempelajari cara membuat slide, menambah slide dan menghapus slide. Sekarang kita akan belajar cara membuat sebuah file presentasi.

1. Kita buat terlebih dahulu lembar kerja baru atau klik file pilih new.
2. Jika file baru sudah terbuat selanjutnya kita bisa rubah latar belakang slide menggunakan menubar design. Caranya seperti di bawah ini:


3. Setelah latar belakang sudah berubah selanjutnya kita akan beri tulisan pada kotak click to add title dan click to add subtitle atau yang disebut layout.


3. Setelah slide pertama sudah jadi selanjutnya kita akan membuat slide kedua yaitu dengan cara menambahkan slide seperti gambar di bawah ini:


4. Setelah slide kedua sudah ditambahkan selanjutnya kita akan mengisikan data siswa seperti pada gambar di bawah ini:



5. Jika ada slide lagi yang mau dibuat atau mau ditambahkan caranya sama seperti cara di atas.


Bagaimana apakah anak sholeh dan sholehah sudah paham tentang membuat file presentasi pada Microsoft Office Power Point???

Untuk selanjutnya, kalian praktekkan juga ya cara membuat file presentasi menggunakan powerpoint.

Untuk slidenya boleh buat sebanyak 5 slide. Dan untuk isi dari slidenya boleh bebas, boleh isi materi seputar olahraga, boleh juga seputar agama, dan lain sebagainya. Lalu untuk design bebas menggunakan design apa saja dan warna apa saja.


Baiklah untuk pertemuan hari ini hanya itu saja yang dapat Miss sampaikan. Semoga apa yang Miss sampaikan dapat anak-anak sholeh dan sholehah pahami dengan baik ya:)

Tetap semangat sekolahnya dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu. Sampai bertemu lagi minggu depan :). Atas perhatiannya Miss ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr wb


Komentar

Popular Posts

Kisi-kisi PTS Kelas 5

Hari / Tanggal : Kamis/ 21 Maret 2024 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Tema :  Menggunakan Program Microsoft Excel Pembelajaran Ke- : 10 Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Pada pertemuan kali ini, miss akan memberikan kisi-kisi untuk Penilaian Tengah Semester. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Berikut kisi-kisi nya: Ms Excel adalah progam pengolah angka yang dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Berikut ini adalah gambar Tampilan Microsoft Office Excel : Berikut adalah keterangan-keterangan dari tampilan diatas: 1. Office Button, terdiri atas perintah New document, open dokument, save, save as, print, prepare, send, publish, close. 2. Quick Access terdiri dari beberapa tombol yang bisa mempercepat pekerjaan kita. isi tombol tersebut sebagian ada pada menu office button, kec

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Kelas 5

Hari / Tanggal : Senin/ 4 Desember 2023 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5A - 5D (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Tema :  Mengenal Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Desain Grafis berbasis Vektor Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Untuk pertemuan kali ini adalah pertemuan kita terakhir di semester ganjil ya anak-anak, karena minggu ini kita akan melaksanakan Penilain Akhir Semester (PAS). Diharapkan anak sholeh dan sholehah mempersiapkan diri dengan baik ya. Untuk pelajaran TIK, insyaAllah materi yang diambil dari pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 18. Jadi silahkan dipelajari kembali ya anak-anak materi yang sudah Miss sampaikan melalui blogger :) A. Pengertian CorelDraw CorelDRAW adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis yang berbasis vector, grafis berbasis vector adalah grafis yang terdiri dari gabungan unsur-unsur, seperti g

Kisi - Kisi PAS Kelas 5

Hari / Tanggal : Senin/ 27 Mei 2024 Mata Pelajaran : TIK / Komputer Kelas : 5 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung) Bab : Menggunakan Program Pengolah Angka Assalamualaikum wr.wb Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin. Blogger kali ini berisi kisi-kisi penilaian akhir semester, yang mana materinya adalah seputar microsoft excel. Berikut adalah kisi-kisi penilaian akhir semester mata pelajaran TIK: https://drive.google.com/file/d/1pIeNJsGIYJJbrZbRE4Ho72uhAoa5CAhR/view?usp=sharing Selamat Belajar Sholeh-Sholehah :) Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:) Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat miss sampaikan. Miss ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah: